Thursday, November 28, 2013

Browse » home» » » » » » » » » » 10 Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Blog

10 Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Blog


10 Optimasi SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Blog

Kita tentu tahu, bahwa optimasi SEO dibedakan menjadi 2 macam yaitu Optimasi SEO On Page & Optimasi SEO Off Page. Optimasi SEO On Page adalah optimasi yang kita lakukan dari dalam dan bisa dilihat oleh semua orang. Berbeda dengan Optimasi SEO Off Page yang kita lakukan dibalik layar, karena hampir tak ada orang yang tahu optimasi off page yang telah kita terapkan kepada sebuah blog.
SEO
Artikel 10 Tips Optimasi SEO Agar Blog Berada Di Posisi 1 Google juga membahas tentang meningkatkan posisi blog dalam persaingan di mesin pencari, tapi pada artikel ini saya akan membahas cara meningkatkan posisi blog dengan memakai teknik SEO On Page.

10 Hal Yang Paling Penting Dalam Optimasi SEO On Page


#1. Analisis Kata Kunci, Langkah Paling Penting!

Tanpa ini, kemungkinan sobat mendapatkan penghasilan dari dunia online hanya kecil. Melakukan analisa kata kunci yang akan kita bidik sangat diperlukan dalam menjaring visitor yang tertarget dengan apa yang anda perjualkan.

Luangkan waktu sebanyak yang sobat bisa untuk mendapatkan kata kunci terbaik untuk bisnis kalian.
  • Tentang Apa Bisnis Anda?
  • Untuk Siapa Anda Menyediakan Layanan?
  • Apa Yang Pengguna Harapkan Dari Anda?
Saya mencoba untuk membuatnya singkat tapi mencakup semua poin. Tanyakan kepada diri sendiri 3 pertanyaan tersebut.

Gunakanlah Tool - Tool gratis dalam mencari kata kunci terbaik untuk blog / bisnis sobat, atau jika sobat ingin mendapatkan hasil yang maksimal dapat membeli tool pencari keyword yang kualitasnya lebih dari yang gratisan.

Tips: Pilihlah kata kunci ekor panjang, dengan persaingan rendah dan pencarian yang tinggi, ini akan membantu sobat untuk mendapatkan peringkat tertinggi dengan cepat.


#2. Mengoptimalkan URL dan Meta Tags!

Setiap situs memiliki URL yang berbeda beda, setiap artikel tentu juga memiliki URL yang berbeda pula. Pengoptimalan URL sangatlah penting untuk robot ataupun untuk manusia, begitu pula dengan meta tags walaupun robot crawler banyak mengacuhkan meta tags, tetapi ada beberapa meta tags yang masih ampuh untuk menarik perhatian robot mesin pencari.

Saya menekankan dalam pengoptimalan URL artikel, untuk memberi kata kunci utama yang akan kita bidik dalam dalam URL artikel tersebut agar mudah mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

Rekomendasi Terkait :
  • 4 Cara Mengoptimalkan URL Artikel Blog


#3. Pengoptimalan Robots.txt!

Robots.txt dapat disebut sebagai sebuah alat yang dapat memerintah robot crawler untuk mengindeks / tidak mengindeks suatu halaman yang telah kita tentukan.

Poin ketiga ini, banyak sekali yang menanyakannya. Bagaimana cara mengoptimalkan robots.txt yang baik?, pertanyaan tersebut yang selalu saya dapatkan. Tetapi karena keterbatasan waktu, saya tidak dapat menjawab pertanyaan tersebut. Sobat jika ingin menanyakan ini, dapat bertanya di kotak komentar artikel ini ataupun ingin mendapatkan respon yang lebih cepat dapat menghubungi saya melalui Social Media (Facebook).

Rekomendasi Terkait :
  • 5 Tips Sederhana Untuk Membangun Blog Spider Friendly


#4. Optimasi Konten, Dan Dapatkan Traffic Anda!

Pembaca adalah raja? Yupz.. Betul, dan konten adalah sebuah hidangan untuk sang Raja, jika kita menghidangkan makanan yang enak/konten berkualitas, apa kata Pembaca ?. Pembaca akan berkata "Oi Pelayan (Pemilik Blog) Hidanganmu JOS GANDOS KOTOS KOTOS NGANTI MBLEDOS!!"

Sertakan kata kunci yang sobat targetkan dalam tag H1, H2 dan H3. (coba dengan kata kunci yang relevan yang berbeda, tidak hanya fokus dalam kata kunci itu itu saja, setidaknya ada variasi kata kunci yang setema).

Rekomendasi Terkait :
  • Gaya Penulisan Artikel Blog Yang Profesional
  • 5 Kesalahan Dalam Menulis Sebuah Artikel Blog
  • 7 Optimasi SEO Saat Membuat Artikel Baru


#5. Optimalkan Setiap Gambar, Dan Dapatkan Traffic Tambahan!

Gambar juga dapat menjadi salah satu lumbung penjaring visitor yang datang dari tempat pencari gambar seperti Google Image, dan sebagiannya.

Jangan pernah lupa untuk mengoptimalkan gambar, khususnya gambar di dalam setiap artikel blog kita. Gunakan attribut ALT Text dan Title Tags dalam pengoptimalannya.

Rekomendasi Terkait :
  • 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Optimasi SEO Image


#6. Internal Link Untuk Meningkatkan Pageviews!

Penautan link / internal link sangat dibutuhkan sekali dalam proses pengoptimalan SEO On Page, selain untuk itu, juga dapat dilakukan untuk meningkatkan angka pageviews blog sobat, memang tidak diragukan lagi manfaat menautkan link antara 1 post ke post lainnya.

Yang terpenting dari kegiatan internal link adalan memudahkan pembaca untuk mendapatkan informasi lainnya yang masih satu keterkaitan dengan artikel awal yang dibaca.

Rekomendasi Terkait :
  • Pentingnya Internal Link Untuk SEO


#7. Pagination Untuk Hindari Duplikat Konten!

Ini konsep baru yang dimulai oleh Google untuk menghindari duplikat konten di sebuah situs. Singkatnya, seperti sobat memiliki daftar artikel di homepage ketika sobat mengklik pada posting lebih tua / older post akan terbuka halaman berikutnya.

Untuk yang ketujuh ini selain untuk menghindari duplikat konten, pagination juga dapat memberikan manfaat kepada kita dan khususnya kepada pembaca, karena untuk mempermudah visitor melihat artikel yang lainnya.

Sekedar saran, pasanglah pagination yang biasa saja, tidak usah memakai page number atau sebagiannya, cukup dengan tulisan "Posting Lama, Posting Baru" atau "Older Post, New Post" seperti di blog Tips Trik SEO Blogger Pemula ini.


#8. Canonical URL!

Konsep menarik lainnya yang diperkanalkan oleh Google untuk menghindari duplikat konten adalah dengan memasang canonical URL. Ketika konten yang sama ditampilkan dalam 2 URL yang berbeda menggunakan tag canonical menginstruksikan bot pencari mengabaikan salah satu di antara mereka (2 URL).


#9. No Indexing Tags and Categories!

Jika tidak memerintah robot crawler untuk meng-deindex tag, dan kategori semua konten rawan dianggap duplikat, meskipun sobat menulis konten yang unik, Google melihat konten yang sobat buat sebagai duplikat.

Untuk memerintah tidak mengindex label pada blog cukup mudah hanya melakukan sedikit pengaturan yang terdapat di preferensi penelusuran. Jika sobat bingung mengaturnya, dapat mengaturnya sama dengan pengaturan yang telah saya tetapkan seperti gambar dibawah ini :

deindex

Untuk memperjelas gambar diatas, silahkan sobat pastekan URL dibawah ini di address bar, lalu enter :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjM0i1OvURYDG5hmUC3HLkcnwY9H1WXbKWzCaMLnd3r4OurepjBbDQql0RVnGvxCj_13n78q9OFKuWyiG5lCTxwJrrUe1QhxshArN7CZ0K8eSN-DdBp4oG_7zsG9v56cK7AhsGpIGkQRIjM/s1500/deindex.png


#10. Submit Sitemap / Peta Situs Ke Mesin Pencari.

Peta Situs membantu mesin pencari untuk mengetahui situs / blog pola link. Membantu merayapi / mengcrawl link lebih banyak dan lebih mudah mengindeks banyak halaman serta meningkatkan angka visitor blog sobat.

Tips: Sekarang ini, menambahkan blog sobat ke alat webmaster Google, Bing webmaster tool. Ini akan membantu sobat mengetahui robot crawl yang melihat blog kalian.


Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua dan semoga dapat memberikan insiprasi / menyadarkan kita semua bahwa sesungguhnya kita semua dapat meningkatkan posisi blog / artikel di mesin pencari tanpa menggunakan jasa SEO ataupun jasa yang lainnya.

Baca Juga : 3 Daya Tarik Dari Sebuah Blog

No comments:

Post a Comment